Cinta di Tanah C I S O K A

what’s up good people in the world….

yeaahhhh,, kembali lagi bersama cowo tamvan versi majalah bobo, setelah menulis cermi kuno sekitar 2thn lalu yang berjudul Bikin Pilem (ceritanya)¬†dan sudah 17.456 yang komentar dan banyak sekali manusia yang menungu dan merequest untuk membuat cermi lagi, dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka kali ini saya menyatakan akan membuat cermi lagi. Dan semoga masih bisa ya bikin cermi ala ala kaya kemarin ūüôā

cinta, siapa yang tidak mengenal cinta, semua orang pasti mengenal yang namanya cinta

hahahaha iya kan pasti pada kenal yang namanya Cinta Kuya dan Cinta Laura haha tapi bukan cinta itu yang bakal gua bahas, gua akan membahas tenang cinta sejati dan pernikahan bang Erick dan ka Indri.

Cinta menurut Tata Sutabri 2012 hahaha engga deng. Cinta menurut blog ini adalah sebuah perasaan yang diberikan oleh Tuhan pada sepasang manusia untuk saling mencintai, saling memiliki, saling memenuhi, saling pengertian.

Dan kalo menurut gua cinta itu adalah perasaan yang murni datangnya dari hati nurani setiap insan manusia, cinta bisa datang kepada siapapun tidak mengenal warna kulit, ras, suku, agama dan umur, cinta terkadang datang begitu saja tanpa kita sadari, jangan pernah menyalahkan cinta apalagi wanita karna wanita ga pernah salah mereka selalu benar hahaha serius amat bacanya.

Okay itu cuma pembukaan kali kita langsung ke intinya jadi gini denger rumor yang beredar di instagram lambeh turah katanya bang Erick dan ka Indri akan mengadakan pernikahan tapi akad dan resepsinya dijual terpisah, akad dilaksanakan pada tanggal 3 agustus 2017 sedangkan resepsinya dilaksanakan pada tanggal 5 agustus 2017

Dan you know whats?? acaranya akan dilaksanakan di tempat kediaman ka Indri yaaakk CISOKA daerah seribu bahasa yang memiliki luas wilayah 719.1 km² setara singapura, 1.782 suku adat, 521 hutan lindung, 421 trumbu karang dan 271 hewan langka. Dan cisoka dinobatkan sebagai cagar budaya alam dan warisan dunia oleh unesco.

Kalo kita ngomongin cisoka ga akan ada abisnya, cisoka sebenarnya wilayah tertua di indonesia cisoka berdekatan dengan desa konoha yang dipimpin oleh hokage ke 3 pada saat itu sebelum para dewa yunani menemukan cisoka.

Oke lanjut pada akadnya gua, fajar, niko, sondol, mamoi, hap dan ajeng menghadiri acara yang sakral ini acara yang dilaksanakan di masjid tidak jauh dari rumah ka indri kira kira kalo naik kuda menghabiskan waktu 32 menit karna disana belum ada kendaraan bermotor nonton tv aja masih nonton rame rame di balai desa haha.

naaaahhhhhh.. foto diatas adalah foto sebelum bang erik melakukan ijab kabul, keliatan kan dari mimik wajahnya entah apa yang di pikirkan bang erick, wajahnya menyiratkan sesuatu penuh dengan arti dan maksud. Apakah bang erick mules? apakah lupa sama hafalannya?. terlihat wajahnya seperti mau bilang teeee help me right now! hahahahahha

saat gua lagi menyaksikan akad dan banyak sekali teman teman pribadi raharja yang ingin menyaksikan dan gua disuruh live via Instagram okay walaupun kouta tinggal dikit tapi gpp lah anggep aja ketipu haha

itu diatas adalah screenshoot pas gua lagi live streaming acara akadnya bang erick dan ka indri dan pada gambar pertama niatnya mau cengin orang orang yang nonton tapi malah kena batunya sendiri, no comment dah kalo mau liat sendiri hahaa.

gua sangat salut sama bang erick kenapa? karna bang erick membacakan ijab kabul nya hanya sekali napas tanpa grogi dan dengan penuh percaya diri, setelah selesai membacakan ijab kabul semua orang yang berada didalam masjid langsung teriak SAAAAHHHH!! bahkan gua mendengar ada yg teriak hajaaarrrr bleeehhh.. buseehhh dah masih pagi padahal maen hajar aja wkwkwk.

acara akadpun selesai ini beberapa foto yang diambil pas acara tersebut

Nihhh dia foto diatas udah kaya bukan ka indri kan?? ada orang cisoka kaya gini? ini mah udah kaya Mimi Peri yang di Instagram yg turun dari kahyangan hahaha. ini namanya masuk tindak pidana penipuan haha

 

naaaahhhh ini lagi foto diatas ka Indri ngapain pake tipex sihh ga sayang sama kulit tangan? bagusan pake stabilo ka hahaha

 

dan foto diatas ini ceritanya bang Erick disuruh megang kening ka Indri, abis itu baru boleh megang megang yang lain, megang tangan contohnya :p (btw ka indri lagi liatin apaan sih kayanya penasaran bener) hahahaha

 

yooiiiii ini foto team suksesnya bang Erick dan ka Indri

diatas diceritakan pada tanggal 3 agustus 2017 dimana diadakan acara akad nikah bang Erick dan ka Indri yuk langsung aja kita lanjut ke acara resepsi pernikahannya yang dilaksanakan pada tanggal 5 agustus 2017 udah siap bacanya lagi? udah beli kuaci sama buyung upi? buat nemenin bacanya..

pada acara resepsi gua memutuskan untuk menginap dirumah fajar karna gua berangkat bareng fajar berangkatnya juga pas masih fajar. kita berangkast sekitar jam 2.30 am hahaha engga deng kita berangkat jam 5.40 am. perjalanan yang sangat jauh menghabiskan 200 liter pertamax melewati 3 benua 1 samudera dan akhirnya sampe juga di cisoka.

buat kalian yang belum pernah berkunjung ke cisoka harap bersabar karna ini bukan sekedar ujian tapi ini cobaan, bahkan di google maps cisoka belum terdaftar

tuhhh kalo ga percaya belum terdaftar kan? kalian kalo mau ke cisoka harus bawa peta buta sama kompas dan jangan lupa bawa obor takut kemaleman dijalan soalnya belum ada penerang hati hati kalo abis maghrib suka banyak zombie naek spedah fixi. kalo dijalan mau nanya orang tanyanya “cisoka sesudah desa konoha” baru orang pada tau.

Pokonya nama gang rumah ka Indri itu Jl. Mangga dan gua akan ngasih liat gambar gambar beserta penjelasannya masing masing. Cekidot:

ini plang yang namanya Jl. Mangga tapi sepanjang jalang gua ga menemukan yang namanya pohon mangga kebanyakan pohon kaktus dan Rafflesia arnoldii

 

nah ini belakang tenda pernikahan bang Erick dan ka Indri kata fajar disana ada Curug 7 atau Air Terjun 7 rupa, kalo pagi banyak bus pada masuk

 

dan tampak depan tenda pernikahan bang Erick dan ka Indri tepat disamping tenda tersebut adalah cagar budaya tempat habitat para komodo dan macan tutul albino, kalo sore biasanya banyak monyet buntut panjang pada turun nyari makan.

 

nah ini para warga dan pawang sedang mengadakan rapat untuk menangani serangan babi hutan dan haina

 

dan bisanya setelah warga sekitar dan pawang melakukan pemburuan, setiap sore mereka mengumpulkan hasil buruannya disini, untuk selanjutnya diserahkan kepada kepala suku dan diadakan pesta rakyat dan doa bersama hehe

lanjut lagi yaa ke intinya, dan di acara nikahan bang Erick dan ka Indri gua berpartisipasi sebagai MC dan pasangan gua kali ini bukan si fajar, kenapa? soalnya kalo sama fajar yang ada itu acara nikahan ga berjalan lancar yang ada udah kaya acara iLearning Idol btw gua pernah juara 1 iLearning Idol 7 lohhh hahahhaa sombong kan buuooddoo haha. Ya kali ini gua MC berduet dengan ka Nadia wanita cantik sekjur punya hahasiikkk..

yoiiiii siapa yang ga kenal kita? bukan anak Raharja berarti haha, MC kondang ternama sejagad antariksa

dan ini adalah foto foto tempat yang wajib untuk dikunjungi kalo kemaren anda datang ke pernikahan bang Erick dan ka Indri

nahhh ini foto prasmanan luar karna ada dua prasmanan yang pertama didalem yang makanannya super lengkap, dan ini prasmanan luar buat kalo ada yg mau nambah tapi malu malu bisa langsung ambil disini, dan disini di jaga oleh Henny kalo liat henny kenapa bawaannya mau ngePrint ya hahaha maklum biasnya kan di RIC henny yang jaga hehe.

 

nahh ini tempat baso, disini tempaaat paling rame banyak sekali emak emak pada ngantri buat ngembil baso, pada ngeluh kenapa basonya cepet abis ternyata ituuuuu tuh yg duduk di pojok kanan yang ngabisin basonya iya si Siti Islmaiyah hahaha

 

dan ini adalah tempat es dawet menurut wikipedia es dawet awalnya berasal dari jepara sebelum menyebar ke nusantara seperti semarang, solo, bandung dan jakarta. Baca cermi ini ada manfaatnya juga kan jadi nambah wawasan hihi. ini lagi neng siapa yang nyuruh dadah dadah..

 

naaahh dan ini adalah photo booth tepat disamping pelaminan, kalian boleh foto foto disini tanpa di pungut biaya sepeser pun haha, inget fotonya sama pasangan sendiri jangan sama pasangan orang..

waktu menunjukan pukul 12.15 waktu indonesia bagian cisoka dan cuaca lagi terik teriknya dan suhu pada waktu itu skitar 46-52 derajat celcius seperti di kota madinah Arab Saudi, matahari di cisoka sangat galak sampe membuat kulit merah tapi malah di manfaatkan oleh turis asing untuk berjemur di samping rumah ka Indri.

bisa kalian liat kan cucanya sangat terik sekali sampe tiang penyangga lampu bengkok haha

 

saat cuaca panas seperti ini tiba tiba datang sosok lelaki parubaya membawa kotak dibelakang motornya bertuliskan ES KADO seperti fatamorgana ditengah gurun sahara membawa cahaya dalam duka memberikan kesaksian hidup dalam perjalan panjangnya sehingga menghasilkan benih benih cinta di setiap langkahnya hahaha apaaannsihhh. ini dia penyelamat umat manusia di tanah cisoka kang es kado tanpa panjang lebar gua langsung beli bayarnya ga pake rupiah tapi pake dihram laahh udah kaya di arab beneran haha ga deng bayarnya cuma 2rb murah enakk lagi.

saat gua melanjutkan tugas gua menjadi MC tiba tiba dari kejauhan gua meihat kendaraan menuju arah sini kendaraan yang sangat langka dijumpai disini

booommmmm 2 mobil siapa nih kaya pernah liattt tapi dimana yaa ohhh iyaaa di basement depan RIC, semua Pribadi Raharja pasti tau pemilik mobil ini siapa, yang jelas bukan punya gua haha tapi mudah mudahan kebeli ya ditunggu aja hehehe

Yaaaakkk kedua mobil ini adalah milik Pak UR siapa lagi yang ga kenal sama Pak UR wahhhh minta di do kayanya, saya pribadi sangat salut dan berterimakasih kepada Pak UR dan Mamoi yang sudi dan menyempatkan waktu untuk datang ketempat pernikahan bang Erick dan ka Indri. Gimana pak kesan dan pesannya datang ke negri diatas awan?? tempat berkumpul para dewa yunani. Semoga ga kapok ya Pak ūüôā

sesampainya Pak UR, Mamoi beserta rombongannya langsung menyantap hidangan yang diseiakan

Tanpa basa basi Mamoi langsung mengambil seluruh makanan yang tersedia coba tebak kenapa Mamoi pake bajunya kaya gitu, karna biar bisa nyumpetin makanan biar ga ketauan haha bercanda ya moiii hehehe sumpah lohh bercanda haha..

 

waduuuhh waduhhh ada apanih keliatannya penjaga prasmanan panik sekali dan yang dibelakang Mamoi kenapa pada kepo, apakah terjadi sesuatu? apakah Mamoi mau ngambil daging taunya lengkoas?? sulit untuk dijelaskan semoga tidak terjadi apa apa ya hehehehe

 

naahhh ini detik detik Pak UR, Mamoi dan rombongan ingin menyantap hidangan yang telah disediakan, Pak UR angkat jempol sambil bilang mantaaapp jiwaa.. hehehe. kalo kata reza yang baju merah jangan sampe lolosss~

selagi Pak UR, Mamoi dan rombongan menyatap hidangan dan pada saat itu pula musik dangdut berkumandang

naahhh iniii dia acara hiburan rakya Indonesia yaitu dangdut, buat kalian yang belum tau pemain organnya adalah ayahanda dari Nikita atau biasa di panggil Kikit, mainnya jago kadang kadang sambil whatssapan sambil angkat tlpn sambil maen debus juga pokonya the best dah.

 

ga seru kalo dangdutan ga narik yang lagi nikahan, yoiiiiii bang Erick turut menyumbangkan suara sumbang nya hahaha canda bang, itu si hap kenapa komuknya kaya gitu sihhh hahaha

 

Booooommmmmm!!!! Pak UR juga turut menikmati acara dangdutan beeehhhh kapan lagi dangdutan bareng Pak UR btw itu fajar kenapa mukanya ga relax gitu ya hahahahhaa

 

Ntaaaaapppssss…. Anti 2Rb 2Rb Club itu cocok buat Pak UR karna sekali nyawer 100rb brooo uedaannnn dikali 6 orang ituuu, ngeluarin uang segitu gampang amat yak kalo gua mah ngumpulin segitu berminggu minggu wkwkwkkw curhat..

setelah dangdutan kita langsung foto foto selagi tempat pelaminan lagi sepi

nihhhhhh kalo yang kemaren pada datang ke acara nikahannya bang Erick dan ka Indri pasti tau sosok disamping gua ini siapa. Ya siluman kumis beracun dia adalah juru potret yang disediakan di acara nikahan bang Erick dan ka Indri dia adalah sosok makhluk yang selamat dalam kejadian bom horosima nagasaki, saat di wawancarai dia merawat kumis sejak abad ke 21 menggunakan lendir keong beracun dan di taburi daki tumbila jantan dan dimandikan setian malam jumat keliwon.

dan ini adalah foto foto kita saat di acara nikahan bang Erick dan ka Indri

Nahhhh setelah itu Pak UR, Mamoi dan rombongan meninggalkan acara pernikahan bang Erick dan ka Indri terimakasih Pak UR dan Mamoi yang udah sempat datang..

dan pada akhirnya selesai juga acara pernikahan ini dan otomatis selesai juga cermi ini gua selaku yang menulis cermi ini sangaaaatttttttt amaaaattttttt minta maaf kalo ada kata kata atau maksud yang menyinggu siapapun, pada dasarnya gua buat cermi ni tidak untuk menyinggung siapapun karna cermi ini hanya salah satu bentuk ekspresi yang gua keluarkan, sekali lagi mohon maaf yang sebesar besarnya  karna ini semua cerita fiktip belaka tapi ada benernya juga, terimakasih menyempatkan waktu untuk membaca semoga masih bisa bertemu di cermi ceria selanjutnya dadaaahhhh salam peace love and gaulll..

Essay: Tugas OLAP (On-Line Analytical Processing)

Pertanyaan :
TUGAS QL-100A BUSINESS INTELLIGENCE 2016: ON-LINE ANALYTICAL PROCESSING (OLAP)
Tugas ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui, memahami, dan dapat mempraktekkan teknik-teknik OLAP (OnLine Analytical Processing) yang sederhana. Data yang digunakan oleh mahasiswa disediakan dalam bentuk database MySQL. File database dapat didownload disini.

INSTRUKSI TUGAS:
1. Unggah/ download file database dengan nama ‚Äėtugas_bi_2016.sql‚Äô ke komputer Anda yang berasal dari sumber/ url yang sudah disediakan
2. Pastikan Anda sudah mengaktifkan XAMPP dan buka phpMyAdmin
3. Dalam menu phpMyAdmin, lakukan import file ‚Äėtugas_bi_2016.sql‚Äô tersebut di atas
4. Pastikan Anda dapat mempunyai database tugas_bi_2016 dan tabel penjualan
5. Yang perlu Anda kumpulkan (submit) dalam tugas ini adalah sebagai berikut:

a). Tulislah MySQL Command untuk membuat laporan Penjualan dengan membuat RANKING dari setiap Branch yang ada dengan format seperti ini (nilai 50):
b). Tulislah MySQL Command untuk membuat laporan Pendapatan dengan membuat RANKING dari setiap Branch yang ada dengan format seperti ini (nilai 50):
Untuk mengerjakan no.5.c. dan 5.d., Anda dipersilakan untuk berkreasi menambahkan atribut baru pada tabel penjualan agar dapat melakukan pengelompokan data berdasarkan bulan yang sama. Atribut tersebut harus berjenis ‚ÄúDATE‚ÄĚ.
c). Tulislah MySQL Command untuk membuat laporan Penjualan bulanan secara berurutan dengan tampilan sebagai berikut (nilai 50):
d). Tulislah MySQL Command untuk membuat laporan Pendapatan bulanan secara berurutan dengan tampilan sebagai berikut (Nilai 50):

Status : 100 % Tercapai

Keterangan : Saya telah mengerjakan sesuai dengan penugasan yang diberikan

Pembuktian :

1.CREATE VIEW Laporan_Penjualan AS SELECT branch_id, branch_name, quantity AS totalQty FROM penjualan
ORDER BY quantity DESC

2. CREATE VIEW Laporan_Pendapatan AS SELECT branch_id, branch_name, revenue AS totalRevenue FROM penjualan ORDER BY revenue DESC

3. CREATE VIEW Laporan_Pendapatan_2 AS SELECT date_month, SUM(penjualan.quantity) AS totalQty FROM penjualan GROUP BY date_month;

4. CREATE VIEW laporan_penjualan_2 AS SELECT date_month, SUM(penjualan.revenue) AS totalRevenue FROM penjualan GROUP BY date_month;

Cara Membersihkan CPU Komputer dari Debu dan Kotoran Step by Step

Komputer dengan kinerja yang baik dan berumur panjang tidak hanya tergantung pada merek dan spesifikasi saja. Pemakaian yang baik dan perawatan yang teratur juga berpengaruh pada kinerja komputer. Salah satu perawatan yang harus selalu dilakukan adalah menjaga kebersihan komputer dari segala debu dan kotoran lain. Bagaimanapun juga, debu dalam komputer adalah hal yang tidak bisa dielakkan. Secara rutin debu dan kotoran lain harus dibersihkan, terlebih jika komputer digunakan secara terus menerus seperti di warnet atau perkantoran, karena akan mempengaruhi kinerja komputer yang juga mempengaruhi kenyamanan para pemakainya.

CPU Kotor

Berikut cara membersihkan CPU komputer dari debu dan kotoran lain step by step. Akan lebih baik jika dilakukan di ruangan terbuka sehingga debu cepat terbawa angin dan tidak mengotori udara di dalam ruangan.

1. Putuskan aliran listrik

Lepas semua kabel yang terhubung ke listrik pada CPU dan pada semua perangkat lain yang terhubung ke CPU seperti speaker, printer, monitor dan yang lain. Pastikan tak ada arus listrik yang masuk ke CPU baik secara langsung atau melalui perangkat lain seperti di atas.

2. Lepas perangkat yang terhubung

Lepaskan juga semua kabel yang terhubung ke CPU seperti mouse, keyboard, USB, speaker, LAN sehingga benar-benar tak ada kabel yang terhubung ke CPU.

3. Bersihkan PSU (Power Supply Unit)

Lepas semua kabel PSU yang menuju ke semua perangkat lain dalam komputer seperti mainboard, harddisk, DVD room dan yang lain bisa masih ada. Lalu lepas baut pengikat PSU pada casing. Bersihkan kipas PSU menggunakan kuas kecil yang halus secara pelan-pelan. Lalu tiup debu menggunakan blower atau alat peniup lain. Jika tak ada, boleh juga ditiup menggunakan mulut dengan tetap berhati-hati agar tak debu tak terhirup. Jika PSU sudah habis masa garansi, tidak perlu ragu untuk membukanya agar proses pembersihan lebih mudah. Setelah dipastikan sudah bersih, pasang kembali tutup PSU seperti semula.

Salah satu manfaat dari membersihkan kipas PSU (Power Supply Unit) adalah untuk mestabilkan temperatur panas dalam PSU. Kipas yang terlalu kotor karena tertutup debu membuat putaran kipas bergerak lambat sehingga PSU cepat panas.

4. Bersihkan perangkat dalam CPU

Lepaskan semua perangkat yang terhubung ke motherboard seperti kabel CD room, harddisk serta RAM dari tempatnya. Bersihkan semua debu dan kotoran lain yang menempel pada perangkat tersebut menggunakan kuas atau lap halus. Khusus untuk RAM, periksa juga konektor yang berwarna kuning keemasan. Bila terlihat kurang mengkilap, bersihkan dengan menggunakan penghapus pensil sampai mengkilap.

Kadang terjadi kasus komputer menyala, tetapi tidak terlihat tampilan apapun pada monitor. Itu adalah salah satu efek dari berkurangnya konektor RAM yang kotor. Perlu dibersihkan dengan cara di atas.

5. Bersihkan Motherboard

Setelah perangkat lain dilepas dari CPU dan dibersihkan, bagian CPU yang masih tertinggal dan menempel di casing adalah motherboard. Lepaskan semua baut pengikat menggunakan obeng dengan hati-hati. Jangan teledor dan lengah agar obeng tidak sampai merusak motherboard. Angkat dari casing, lalu bersihkan menggunakan kuas halus secara pelan-pelan dan tetap berhati-hati. Kalau tidak yakin, lebih baik tiup debu dan kotoran lain yang menempel pada permukaan motherboard menggunakan blower dengan sedikit kuat hingga benar benar bersih. Lakukan juga hal ini pada sisi belakang motherboard.

6. Bersihkan Kipas dan Heatsink Processor

Lepas semua pengikat heatsink dengan motherboard. Angkat pelan-pelan heatsink dari tempatnya. Kalau ditemukan kesulitan karena thermal paste pada bagian bawah heatsink menempel erat pada processor, putar-puter heatsink secara pelan-pelan hingga terlepas.

Setelah terlepas, bersihkan semua debu dan kotoran lain yang menempel pada heatsink dan kipasnya. Bersihkan juga sisa-sisa thermal paste pada bagian bawah heatsink. Bila memungkinkan, pisahkan kipas dari heatsink agar lebih mudah membersihkan dan satukan kembali bila sudah benar-benar bersih.

7. Bersihkan Processor

Angkat processor dari tempatnya, lalu bersihkan semua debu dan kotoran lain yang menempel hingga bersih. Bersihkan juga sisa thermal paste yang menempel pada processor. Jika processor sudah bersih jangan lupa untuk membersihkan dudukan processor pada motherboard.

8. Bersihkan casing

Setelah semua perangkat selesai dibersihkan, tinggal satu yang belum yaitu rumah semua perangkat komputer alias casing. Bersihkan seluruh bagian dalam dan luar casing. Gunakan kain bersih yang telah dibasahi air. Bila perlu gunakan cairan pembersih agar casing semua kotoran yang sulit bisa hilang dan casing kembali bersih seperti baru. Setelah itu keringkan hingga benar-benar kering. Pastikan tak ada sisa-sisa air dan cairan sebelum casing kembali digunakan.

CPU Bersih

9. Merakit kembali

Bila semua perangkat sudah dipastikan bersih, casing juga sudah benar-benar bersih dan kering, tahap selanjutnya adalah merakit kembali semua perangkat yang telah dibongkar ddan dibersihkan.

Dimulai dari yang pertama yaitu memasang processor pada tempatnya. Jangan lupa untuk mengoleskan thermal pada semua permukaan processor secara tipis dan merata. Kemudian pasang heatsink pada dudukannya. Jangan lupa juga untuk mengoleskan thermal paste pada bagian bawah heatsink. Pastikan semua baut pengikat mengikat dengan benar.

Setelah itu, pasang motherboard dan perangkat lain seperti semula dengan urutan terbalik pada saat membongkarnya.

10. Lakukan pengetesan

Pastikan semua perangkat telah terpasang dan tersambung secara benar. Bila perlu cek sekali lagi sebelum dilakukan pengetesan.
Dalam keadaan tutup masih casing belum dipasang, nyalakan komputer dan lihat proses yang berjalan. Apakah kipas processor sudah berputar normal, apakah kipas PSU (Power Supply Unit) juga berputar normal. Lihat juga di monitor, apakah sudah keluar tampilan komputer secara normal?
Bila masih ada yang belum normal silahkan periksa kembali, barangkali ada yang belum terpasang secara benar.

Tapi, bila semua sudah normal, berarti semua sudah beres. Tutup casing siap dipasang. Matikan dulu komputer kemudian lepas semua kabel yang terhubung ke CPU. Lalu pasang casing dan kencangkan baut.
Sambungkan kembali semua kabel seperti kabel listrik, kabel VGA atau kabel monitor, kabel mouse, kabel keyboard, kabel LAN, kabel speaker dan yang lain kalau memang ada. Komputer siap beroperasi lagi.

Itulah cara membersihkan CPU komputer dari debu dan kotoran lain step by step yang bisa dengan mudah dipraktekkan.

Selamat mencoba !

 

SUMBER

CARA MEMPERBAIKI FLASHDISK RUSAK TIDAK TERBACA

Flashdisk tidak terbaca merupakan masalah yang cukup sering dijumpai dan bisa saja di alami oleh siapa saja. Tidak pandang bulu baik flashdisk yang dalam kondisi masih baru maupun flashdisk yang sudah lama. Biasanya saat seseorang dilanda permasalahan flashdisk tidak terbacaatau tidak terdeteksi umumnya langsung beranggapan bahwa FD mereka telah rusak. Sehingga banyak yang membuang atau mencampakkan flashdisk tersebut. Padahal masih ada kemungkinan flashdisk tersebut bisa disembuhkan sehingga bisa normal seperti sediakala.

Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Terbaca

Apa penyebab flashdisk bisa rusak? untuk menjawab pertanyaan yang demikian maka perlu dilakukan peninjauan dari berbagai faktor. Salah satu penyebab yaitu dikarenakan pelepasan flashdisk secara langsung tanpa eject. Sehingga berakibat pada rusak crash pada chip flasdiks bahkan bisa-bisa flashdisk rusak permanen. Jika sudah rusak permanen maka sangat kecil harapan untuk bisa pulih seperti semula. Selain itu pelepasan flashdisk tanpa melalui prosedur yang benar juga bisa menyebabkan flashdisk write protected. Jika anda mengalami masalah yang terakhir ini bisa baca tips berikut (Baca: Cara memperbaiki flashdisk write protected).

Selain faktor penggunaan yang menyalahi prosedur penyebab flashdisk tidak terdeteksi lainya yaitu dari kualitas flashdisk itu sendiri. Terutama saat ini banyak beredar flashdisk abal-abal alias KW. FD jenis ini biasanya di jual dengan harga murah meriah. Namun seperti kata pepatah ada harga ada kualitas. Maka dari itu saat membeli FD ada baiknya lebih jeli dan sebaiknya membeli di toko resmi agar tidak tertipu dengan kualitas rendahan.

Kembali lagi ke pembahasan cara memperbaiki flashdisk rusak tidak terbaca tadi. Jika anda mengalami permasalah FD seperti ini maka jangan langsung menyerah dan boleh mencoba beberapa trik dibawah ini. Simak langkah-langkahnya.

CARA MEMPERBAIKI FLASHDISK TIDAK TERBACA /RUSAK

Cara Pertama

Langkah pertama yang harus kita lakukan sebagai cara mengatasi flashdisk tidak terbaca adalah melakukan pengecekan kerusakan. Apakah kerusakan memang pada FD ataukah pada sistem oprasi yang tidek mendeteksi driver flashdisk kita. Langkah yang bisa ditempuh yaitu mencoba menghubungkan FD di komputer lain. Jika terdeteksi di komputer lain berarti yang bermasalah adalah sistem operasinya yang tidak mendeteksi driver FD. Maka bisa di cari drivernya atau bisa mengionstall ulang sistem operasinya. Jika tidak terdeteksi juga maka kemungkinan memang terdapat masalah pada Flashdisk anda.

Cara Kedua

Selanjutnya jika memang indikasi menunjukan bahwa FD memang bermasalah maka bisa coba beberapa langkah berikut ini:

  1. Colokkan flashdisk ke komputer atau laptop anda
  2. Selanjutnya ketik shortcut di keyboard CTRL + R kemudian ketik di kolom perintah berikutcompmgmt.msc lalu tekan Enter
  3. Setelah itu akan terbuka program compmgmt, Jika sudah maka klik program tersebut.
  4. Pada menunya pilih Storage yang terdapat tengah kemudian pilih Disk Management.
  5. Biasanya jika kerusakan tidak parah maka Flashdisk akan terdeteksi. Jika terdeteksi maka klik kanan lalu pilih menu Create partition.
  6. Selanjutnya format flashdisk dengan melakukan klik kanan kemudian pilih Format.

Cara Ketiga

Jika anda telah menggunakan kedua cara di atas dan masih belum berhasil maka anda bisa mencoba cara ketiga ini yaitu dengan menggunakan aplikasi HDD Low Level Format tool. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi yaitu Full dan Free. Meski demikian fitur yang ada pada free versi sudah cukup mengatasi permasalahan anda. Semoga tips cara memperbaiki flashdisk rusak tidak terbaca ini bermanfaat. Wasaalam.

 

SUMBER

Tips Trik Cara Mudah Mengatasi Komputer Error

Ngomongin masalah error pada komputer saya punya cerita yang tidak pernah akan saya lupakan, pada saat itu melepas RAM komputer di warnet, errornya saya lupa apa’an. hahahhaa
tapi pas saya pasang si RAM ini ga pas, alias kurang kuat nekan itu si RAM, alhasil pas cpu saya nyalakan ada bunyi2 tit tit tit sampe beberapa kali, saya waktu itu cuma diam dan kaget langsung lepasin itu colokan kabel yang ke komputer, untungnya di warnet lagi gak ada siapa2 alias sendirian jadi bisa bongkar2 lagi dan lanjutin belajar bongkarnya wkwkkwkwk

Sebelumnya juga saya pernah posting Nama Komponen Penting Pada Laptop Dan Fungsinya

Ok lanjut bahas masalah eror yang sering terjadi, atau biasa terjadi pada komputer, ini saya kutip dari beberapa blog dan website semoga bisa membantu juragan semua.

Tips Trik Cara Mudah Mengatasi Komputer Error

Jika computer kita secara tiba tiba mati sendiri ?

Hal yang paling pertama di lakukan adlah memastikan kabel Power pada CPU juragan terpasnag dengan baik, dan juga cek Terminal listrik juragan apakah berpungsi dengan baik.. jika semua sudah terpasang dan bekerja sebagaimana mestinya  langkah langkah berikut ini perlu juragan praktekkan .

Umumnya Komputer mati/restart itu tebagi atas beberapa macam yaitu:

Mati atau me restart ketika baru mau memasuki Windows

Hal ini Bisa  saja terjadi, Umumnya hal ini terjadi karena ada gangguan Pada RAM ( Random Akses Memory ),  jika belum terlalu parah cara memperbaikinya cukup mudah., ada hanya cukup melepas Ramnya dari Soketnya, lalu coba pindahkan Ke Soket yang lainya ( umumnya Komputer atau Laptop mempunyai lebih dari satu soket)

Jika masih terjadi maka coba ambil Penghapus Pensil adajuga kemungkinan ada kotoran pada Ramnya, Gosoklah secara merata pada  Tembaga yang akan menempel pada Soket Ramnya di kedua sisinya. Lalu pasangkan kembali, sebelumnya coba bersihkan dengan Hand Vakum atau sejenisnya pada lubang soket.

Jika masih terjadi maka juragan harus mengganti Ram tersebut.
Bisa juga penyebabnya adalah kerusakan pada system windows,  jika hal ini terjadi

a.¬†¬†¬†¬†¬†¬† Nyalakan Komputer/laptop juragan lalu saat menampilakan bios juragan tekan F8, setelah keluar pilihan juragan coba pilih ‚ÄėLast Known Good Configuration’¬† Jika tidak merespon atau masih sama¬† maka lakukan langkah berikut
b.      Masih seperti langkah  ke-A, pilih Safe Mode, jika sukses juragan bisa merestorenya sesuai dengan keinginan juragan, paling tidak sebelum juragan format juragan bisa membeckup data data yang penting . jika langkah b tidak merspon berarti juragan harus mere install computer /laptop juragan

Mati ketika sedang asyik bermain dan menghidupkannya harus di tekan power On

Beberapa Komputer pada  System biosnya  terdapat pengaturan suhu, Komputer/Laptop akan secara otomatis mati jika telah mencapai suhu tertentu.

Hal ini bisa jadi terjadi karena suku pada CPU juragan cukup tinggi..cara mengatasinnya  cukup mudah

1.   Restart Komputer juragan/Laptop. Lalu masuk ke fungsi bios (ada banyak cara untuk masuk kebios, juragan bisa  mencobanyanya diantaranya : F2, F12, DELETE, F11, atau bisa juga juragan mengeceknya dengan merestart lalu tekan Esc biasanya akan tampil pada monitor bagian bawah fungsi fungsi yang bisa juragan gunakan unutk masuk ke system bios) jika telah masuk kebios, pilih PC HEALTH STATUS , setelah itu pilih CPU CRITICAL TEMPERATURE lalu  atur Suhu pada pengaturan , pilih yang paling tinggi, lalu simpan dengan menekan F10 di teruskan dengan Y  ( jangan lupa jika pilihan suhu tertinggi sudah juragan pilih buka cover samping pada cpu juragan supaya suhu di dalam tidak terlalu panas

2.  Tambah bebera fan/ kipas pada bagian dalam cpu juragan

Namun jika hal ini masih terjadi, coba lihat prosesor juragan pada montherboard, pastikan terpasang dengan baik dan rapat, (lakukan pengecekan setelah juragan melepas kabel power agar terhindar dari Strum)

Mati mendadak namun tidak bisa menyala kembali walau sudah di tekan Tombol ON

Hal ini kemungkina terbesar rusak pada POWER SUPPLY atau bahkan Mother Board juragan harus membawanya ke bengkel yang berpengalaman dan tentu saja yang harganya terjangkau.

Mati lalu harus menunggu beberapa saat baru bisa menyala lagi namun harus menekan Tombol On, juragani bisa langsung nyala tpi tidak sempurna cahaya pada monitor agak meredup. Kemungkinan hal ini karena arus listrik pada tempat juragan tidak stabil ( naik turun ) mengeceknya cukup dengan melihat cahaya pada lampu pijar jika sering meredup lalu terang kembali berarti arus Listrik juragan tidak stabil, mengatasinya juragan harus memakai UPS atau minimal Stabilizer Listrik

SUMBER

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Dengan Mudah

Assalamualaikum Wr. Wb.
    Banyak sekali masalah klasik yang terjadi pada laptop kita terutama pada keyboard menjadia alat masukan perintah kedalam pemerintah komputer sehingga rawan sekali mengalami kerusakan, mulai dari suara beep beep beep, caps lock terus serta yang lainnya. Sekarang simak tips-tips di bawah ini untuk membenarkannya  :

Salah satu gejalah awal kerusakan keyboard laptop adalah dengan mengeluarkan suara beep secara terus menerus tanpa henti, bunyi beep tersebut muncul seperti tuts keyboard ditekan dalam waktu lama. Contoh kerusakan seperti yg dialami seorang mahasiswa yang kebetulan meminta ane untuk mengecek laptopnya yg selalu mengeluarkan suara secara terus menerus ketika dihidupkan. Aku akhirnya mencoba menghidupkan laptop tersebut dan akhirnya aku mengambil kesimpulan bahwa kerusakan terjadi pada keyboard. Sebelum memperbaiki keyboard laptop, sebelumnya baca dulu Cara Membongkar Tombol/Tuts Keyboard.

Setelah memutuskan bahwa kerusakan pada keyboard maka ane mencoba mulai utk memperbaiki keyboard yang terus mengeluarkan bunyi tanda rusak itu dengan cara yang sangat sederhana, semoga cara ini juga dpt membantu engkau yg mengalami masalah sama seperti mahasiswa ini. Berikut merupakan cara memperbaiki keyboard laptop yg rusak dan mengeluarkan suara beep secara terus menerus.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Dengan Mudah
         Apabila laptop sedang dlm keadaan hidup, silahkan matikan terlebih dahulu, baru setelah itu lakukan untuk semua tuts/tombol dgn cara menekan secara sentak, jangan menekan dan tahan tapi menekan kemudian langsung melepasnya berulang kali untuk setiap tombol pada keyboard. Ingat ! semua tombol, karena kita gak tahu tombol mana yg lapisan karbonnya saling menempel. Setelah semua tombol dirasa telah semua ditekan, barulah kembali coba dihidupkan laptopnya. Dengan cara ini ane telah bisa membuat keyboard laptop kembali berfungsi dgn baik tanpa mengeluarkan suara beep lagi.

Apabila dgn mengerjakan cara di atas juga masih gagal, maka kemungkinan melekatnya lapisan karbon telah sangat kuat sehingga sulit diatasi dgn cara di atas, oleh lantaran itu anda dpt mengatasi masalah keyboard rusak ini dengan cara yang telah saya tulis di blog aku yang lainnya Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak. Silahkan baca dan lihat video cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak. Semoga artikel ini dpt membantu anda dlm mengatasi keyboard notebook nte yg bermasalah.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop/Notebook Yang Tdk Berfungsi

Keyboard pada laptop atau notebook fungsinya sangatlah vital terutama utk mengetik huruf, angka, kata-kata, kalimat yg akn kami muat di aplikasi Microsoft office atau aplikasi-aplikasi lain. Laptop atau notebook yang umurnya sudah cukup lama, biasanya pada keyboardnya sering terjadi masalah seperti  satu atau lebih tombol keyboard error (tidak berfungsi), tombol keyboard tertukar hurufnya,dan semua tombol keyboard tak berperan sama sekali.

Sebenarnya ada banyak penyebab Tombol Keyboard tak berperan dgn baik, seperti adanya kotoran pada bagian keyborad, usia keyboard yg udah tua, Fungsi FN yang tertukar. Utk Memperbaiki Keyboard Laptop yang tidak berfungsi awali dgn troubleshooting masalah. Ada kalanya cuma tombol tertentu pada laptop yg tidak berfungsi, Beberapa tombol yg mogok bersamaan sementara yg lain masih baik, dan tombol Fungsi Fn yan tertukar.

Kemudian lakukan langkah-langkah berikut sesuai dgn bentuk kerusakan:

1. Tombol Keyboard Eror atau Tak Berfungsi,Ciri-Ciri :
  • Salah satu tombol keyboard ngga berfungsi
  • Tombol seperti tertekan terus.
  • Timbul bunyi beep yg panjang seperti tombol tertekan terus.
  • Biasanya pas kepingin menyalakan mesti menekan salah satu huruf
Cara Memperbaikinya:
  • Lepas semua sambungan energinya (carger serta battrai, kalau ngga di lepas dpt merusak komponen yg lain)
  • Lepas keybord dari laptopnya
  • Lepas semua tombol keybord (hati-hati jangan hingga kaki2nya patah apalagi hingga hilang. kalau sobat pelupa mending foto dulu aja keybordnya biar tidak lupa. hee :
  • Setelah semua lepas semprot dengan hair dryer secara merata. beri semprotan lebih pada tombol yang error.
  • Setelah selesai pasang kembali Keyboard Laptop/Notebook
  • Jika dengan Memperbaiki Keyboard Laptop seperti di atas serta belum berperan dgn baik, kamu dapat membersihkan debunya/kotoran keyboard dgn Kuas/air/alkohol & keringkan dulu.
   Tombol keyboard Tertukar Huruf ( m, j, k, l, u, I, o dgn 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 )
Ciri-Ciri :
Seringkali saat selesai pakai keyboard eksternal, setelah keyboard kita cabut & kami guna kan keyboard bawaan laptop  ada yg berubah: saat kita tekan tombol  m, j, k, l, u, I, o yg muncul merupakan angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6. Penyebab kondisi ini biasanya lantaran terjadi pertukaran tombol fungsi Fn.
Cara Memperbaiki Keyboard Laptop pada fungsi tombol Fn yang terbalik secara gak sengaja :
  1. Tekan aja tombol Fn tahan serta jangan dilepas, lalu tekan tombol fungsi numeric.Tombol numeric ini kalau di laptop biasanya berada di deretan paling atas sejajar dengan tombol fungsi F1-F12, bertuliskan Insert dan NumLK.
  2. Setelah tersebut lepaskan kedua tombol tersebut.  Sekarang coba tekan tombol  u, kalau masih muncul angka 4 berarti belum berhasil, ulangi sekali lagi.
  3. Pada intinya fungsi tombol ini mirip tombol caps lock, ditekan sekali berubah menjadi huruf capital, ditekan lagi tombol capslock  berubah kembali ke huruf kecil.
Tombol Keyboard Tidak Berfungsi sama Sekali Ciri-ciri :
  • Semua Tombol Tdk Berfungsi sama sekali
  • Bahkan Lampu Num Lock & Caps Lock ngga hidup
  • Tombol Keyboard Macet-macetan/Tidak Normal
Cara Memperbaikinya :
  1. Lakukan Langkah pada permasalahan No 1 sampai tuntas
  2. Coba bersihkan dgn Air/Alkohol dan keringkan dulu sampai benar-benar kering.
  3. Perhatikan Tombol USB keybord, ada kalanya tombol USB (Colokan Keyborad) tdk berfungsi dengan baik.
  4. Coba Restart Laptop anda terlebih dahulu.

SUMBER

3 Cara Membuka Komputer yang Lupa Terkunci Password Windows 7

Log in melalui safe mode

 

Salah satu cara untuk log in ke Windows 7 Anda adalah dengan cara masuk melalui safe mode. Untuk kasus ini Anda harus menggunakan akun built in administrator. Melalui akun ini Anda dapat log in tanpa menggunakan password apapun. Jika akun ini tidak muncul pada safe mode, Anda harus mengaktifkan built-in administrator terlebih dahulu.

Lihat juga: 3 Cara Mengaktifkan Akun Built-in Administrator Windows 7

Berikut ini langkah-langkah untuk log in ke dalam akun Anda melalui safe mode.

1.Nyalakan komputer Anda lalu tekan F8 saat komputer masih dalam proses booting. Kemudian layar Advanced Boot Options akan muncul.
2. Pilih “Safe Mode” dan¬† tekan “Enter.” Komputer Anda akan menyala dalam keadaan safe mode.

 

3 Cara Membuka Komputer yang Lupa Terkunci Password Windows 7

 

3.Dalam tampilan layar Anda, Anda akan melihat beberapa akun. Pilih akun Administrator (built-in). Secara default, akun ini tidak memerlukan password.
4.Setelah komputer Anda masuk dalam keadaan safe mode, klik tombol “Start” lalu “Control Panel.”

 

3 Cara Membuka Komputer yang Lupa Terkunci Password Windows 7

 

5. Anda akan masuk¬† ke “All Control Panel Items”, lalu klik “User Accounts”.
6. Setelah itu, klik “Manage Another Account”. Pilih akun yang akan Anda ubah password-nya.

 

3 Cara Membuka Komputer yang Lupa Terkunci Password Windows 7

 

7. Klik “Change the password” di sisi kiri dan ketikkan password baru Anda dua kali. Kemudian klik “Change password.”
3 Cara Membuka Komputer yang Lupa Terkunci Password Windows 7
8.Restart komputer dan jalankan seperti biasa lalu masukkan password baru di akun yang terkunci.

 

Log in menggunakan password reset disk

Untuk bisa menggunakan password reset disk, Anda harus membuatnya terlebih dahulu sebelum Anda lupa akan password windows 7 Anda.

Lihat juga: Cara Membuat Password Reset Disk Windows 7 Dengan Flashdisk (Cepat dan Mudah)

Jika Anda sudah membuatnya, inilah langkah-langkah untuk mengakses komputer Anda.
1.Saat Anda salah mengetikkan password Anda, Windows 7 akan menampilkan “Reset Password” yang dapat Anda klik.
3 Cara Membuka Komputer yang Lupa Terkunci Password Windows 7
2.Klik tautan tersebut dan Anda akan melihat ‚ÄėPassword Reset Wizard‚Äô muncul pada layar komputer Anda. Lalu, klik ‚ÄėNext‚Äô.
3 Cara Membuka Komputer yang Lupa Terkunci Password Windows 7
3.Pasang flashdisk tempat Anda menyimpan password reset disk dan klik ‚ÄėNext‚Äô.
4.Lalu Anda harus mengetikkan password baru Anda. Setelahnya klik “Next”.
3 Cara Membuka Komputer yang Lupa Terkunci Password Windows 7
5.Klik “Finish” dan Anda pun dapat membuka komputer Anda dengan password baru.
3 Cara Membuka Komputer yang Lupa Terkunci Password Windows 7

 

Log in menggunakan akun administrator

 

Jika Anda bisa membuka akun Administrator, Anda dapat dengan mudah mengubah passwordakun lain yang terkunci password. Ketika salah satu akun Anda terkunci, masuklah lebih dulu dengan akun Administrator Anda.
1.Pada menu Start, ketikkan “lusrmgr.msc”
3 Cara Membuka Komputer yang Lupa Terkunci Password Windows 7
2.Anda akan masuk menu Local Users and Groups
3.Klik menu “Users”
4.Klik kanan pada akun yang muncul di sisi kanan yang Anda lupa password-nya dan pilih “Set Password…”
3 Cara Membuka Komputer yang Lupa Terkunci Password Windows 7
5.Klik “Proceed” lalu ketikkan password baru Anda.
6.Klik “OK”
Tiga cara di atas adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membuka Windows 7 saat Anda lupa dengan password Anda. Jika cara di atas tidak dapat Anda gunakan, opsi yang Anda punya adalah mengunakan software atau meng-install ulang Windows 7 Anda.
Hal ini tentu saja tidak Anda inginkan karena hal tersebut dapat menghapus data-data penting Anda. Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan hal-hal preventif sebelum Anda kehilanganpassword Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda membuka komputer yang terkuncipassword.
sumber:
http://gelaskomputer.blogspot.co.id/2015/12/3-cara-membuka-komputer-yang-lupa-terkunci-password-windows-7.html

Efek Domino Di Bidang IT

Advertisement

Saat ini, teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu jenis dari bentuk teknologi yang berkembang dengan sangat pesat. Melalui fitur andalannya yaitu internet, saat ini teknologi komunikasi dan informasi seperti merupakan salah satu jenis teknologi yang menduduki peringkat teratas, baik dari sisi positif, negatif, hingga penggunaannya.

Memang sebagai sebuah teknologi yang berkembang pesat, pastilah teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa kelebihan dan juga kelemahan. Ada yang disadari, dan ada juga yang mungkin tidak disadari, karena sudah menjadi bagian dari kepribadian individu tertentu. Berikut ini adalah dampak positif dan juga dampak negative yang bisa dirasakan di dalam kehidupan sehari-hari.

Dampak Positif

  1. Mempercepat arus informasi

Arus informasi saat ini menjadi sangat cepat, bahkan cenderung tidak terkontrol hingga saat ini. namun demikian, hal ini merupakan salah satu dampak positif, karena dapat memberikan informasi mengenai suatu kejadian secara cepat, meskipun terkadang tidak akurat dan tidak tepat.

Arus informasi dengan feedback yang merupakan karakteristik sistem informasi menjadi salah satu faktor perkembangan informasi dan komunikasi yang tampak. Sehingga memberikan manfaat tersendiri bagi setiap user. Terlebih terhadap internet, perkembangan jaringan komputer menjadi semakin pesat seiring penggunaan internet yang kian meningkat.

  1. Mempermudah akses terhadap informasi terbaru

Merupakan salah satu efek domino dari bertambah cepatnya arus informasi. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat, maka siapapun akan bisa memperoleh informasi dengan mudah. Akses terhadap informasi ini bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, dan dari siapapun itu. Hal ini akan membantu individu dalam meningkatkan informasi dan pengetahuan yang dimilikinya, meski terkadang realibilitas dan validitas dari informasi tersebut dipertanyakan.

Hal ini menjadi penanda bahwa penggunaan internet untuk berkomunikasi menjadi salah satu pilihan yang sangat diminati. Karena dapat terhubung ke setiap orang dai belahan dunia manapun. Disinilah peranan manfaat jaringan komputer sebagai salah satu sumber penggunaan internet menjadi lebih optimal.

  1. Media sosial

Media sossial juga merupakan dampak positif lainnya dari perkembangan teknologi informasi dan kommunikasi. Media sosial dapat memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat mempertumakan individu dengan orang baru, dan menambah relasi antar individu.

Sebagai contoh, salah satunya adalah facebook. Situs yang cukup besar ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak orang gunakan. Tidak hanya untuk menambah jaringan pertemanan di dunia maya, facebook juga menjadi sarana promosi dalam bisnis. Manfaat facebook bagi user sangatlah berguna, terlebih untuk menjalankan bisnis, baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar.

  1. Membantu individu dalam mencari informasi

Dalam mencari informasi yang baru dan masih hangat, maka teknologi informasi dan juga komunikasi sangat memegang peranan yang penting. Dengan adanya arus informasi yang menjadi jauh lebih cepat, maka individu akan menjadi lebih mudah dalam mencari informasi yang diinginkan.

Peranan internet terhadap prestasi belajar siswa menjadi salah satu momok yang cukup diperhitungkan. Dalam hal ini siswa dapat mengeksplor pikiran dan bahan pelajaran di sekolah mereka dengan mengakses informasi lebih luas dalam setiap mata pelajaran. Sehingga siswa tersebut memiliki pikiran yang tak hanya berlingkup dari sekolah saja tapi dari luar sekolah secara global.

  1. Media hiburan

Peanfaatan dari teknologi informasi dan juga komunikasi berikutnya adalah dalam hal hiburan. Teknologi informasi dan juga komunikasi saat ini mendukung media hiburan yang sangat banyak ragamnya bagi setiap orang. Contoh saja dari media hiburan berupa games, music, dan juga ideo, banyak orang yang bisa hilang dan juga lepas dai stress karena hiburan yang ditawarkan oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini.

Fungsi teknologi dan informasi dan komunikasi juga dapat menjadi salah satu pilihan hiburan yang cukup simple bagi beberapa orang. Tidak hanya sebagai media informasi, penggunaan internet dapat menjadi salah satu hal pereganggan pipkiran, contohnya dengan menonton video yang banyak tersebar di internet.

Akan tetapi perlu di noted bahwa ajang hiburan ini sebagai hal positif untuk menghilangkan suntuk semata bukan untuk mengakses konten negatif yang membawa dampak buruk bagi user.

  1. Mepermudah komunikasi dengan individu lainnya yang jauh

Komunikasi merupakan salah satu hal yang paling utama yang harus dijalin oleh manusia, sebagai makhluk sosial. Dengan adanya teknologi informasi dan juga komunikasi, maka saat ini untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain menjadi jauh lebih mudah. Apabila pada jaman dulu kita harus menunggu berhari-hari menggunakan pos, maka saat ini, dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kita bisa mengirim pesan dalam waktu hitungan detik, dengan cepat dan juga mudah.

Ini menjadi salah satu faktor pendorong penyebab teknologi komputer berkembang cepat. Chatting menjadi hal yang favorit bagi sebagian orang, terlebih saat ini penggunaan smartphone semakin meningkat di semua kalangan.

  1. Sharing dan berbagi file

File dan juga dokumen saat ini sudah merupakan kebutuhan dari setiap orang. Baik dari file music ataupun dokumen penting, bisa dibagikan dengan menggunakan internet yang merupakan produk dari teknologi informasi dan juga komunikasi. Setiap user dapat saling membagikan file dan dokumen dengan mudah, bahkan kita saat ini bisa menyimpan file yang kita miliki dengan mudah di dalam cloud storage, atau  media penyimpanan di dalam internet.

Kegiatan membagikan file ke user tujuan tentunya memerlukan security yang cukup aman agar data yang di share tetap rahasia hingga user yang dimaksud menerima. Cara menjaga keamanan jaringan komputer perlu diperhatikan agar data yang dibagikan tetap terjaga.

  1. Memiliki banyak dampak positif dalam dunia pendidikan

Dampak lainnya yang paling terasa dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah dalam bidang pendidikan. Materi pelajaran dan segala hal yang berhubungan dengan pendidikan akan menjadi lebih mudah untuk diakses dan diperoleh. Sehingga hal ini pun akan membantu meningkatkan efektivitas dan juga efisiensi dari kebutuhan pendidikan itu sendiri bagi tiap individu di dalam kehidupan sehari-hari.

Inilah manfaat mempelajari ilmu komputer yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah maupun tugas kuliah. Peranan teknologi memang tak dipungkiri juga turut andil dalam perkembangan dunia pendidikan yang lebih luas, dan lebih maju untuk kedepannya.

  1. Sebagai lokasi untuk bisnis jual beli

Saat ini, muncul banyak lapangan pekerjaan baru yang dihasilkan berkat adanya perkembangan teknologi informasi dan juga komunikasi, yaitu online shop dan juga bisnis online. Hal ini menggeser kedigdayaan penjualan barang melalu toko fisik, karena dianggap lebih murah, praktis dan juga lebih efisien dari segi pemasaran produknya.

Dengan adanya toko online ini, maka semakin banyak meningkatkan lapangan pekerjaan, dimana orang yang tadinya tidak memiliki pekerjaan akhirnya bisa memiliki pekerjaan dengan berjualan online. Disinilah fungsi sistem informasi dibutuhkan, juga bisa menggunakan media komunikasi online sebagai sarana mempromosikan bisnis.

  1. Membantu menyelesaikan masalah dengan mudah

Teknologi informasi dan juga komunikasi ternyata juga memiliki dampak yang positif dalam hal penyelesaian masalah. Dengan komunikasi yang menjadi lebih baik dan juga arus informasi yang cepat, maka teknologi informasi dan juga komunikasi dapat menjadi solusi bagi masalah anda.

Dampak Negatif

Meskipun memiliki banyak dampak positif, akan tetapi ternyata teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa dampak negatif yang cukup mengganggu kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dampak tersebut disebabkan karena penyalahgunaan dari teknologi informasi dan komunikasi, ataupun disebabkan karena kurangnya pemahaman user akan etika dan juga cara untuk menggunakan teknologi informasi dan juga komunkasi dengan baik dan juga benar.

Berikut ini adalah beberapa dampak negative dari teknologi informasi dan juga komunikasi:

  1. Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik
  2. Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber
  3. Cyber Bullying
  4. Konten negative yang berkembang pesat
  5. Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas
  6. Menjauhkan yang dekat
  7. Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan
  8. Mebuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna (baca juga: bahaya kecanduan internet)
  9. Menurunnya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang

 

sumber :

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

 

Membuat Kalkulator Simpel Menggunakan JavaScript

Mesin hitung atau Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu. Pada perkembangannya sekarang ini, kalkulator sering dimasukkan sebagai fungsi tambahan daripada komputer, handphone, bahkan sampai jam tangan.

https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_hitung

Tapi kali ini saya akan membuat kalkulator menggunakan javascript, sebelumnya saya di beri tugas oleh dosen untuk membuat sistem atau aplikasi apa saja yang berbau javascript jadi saya memilih membuat kalkulator, dan saya juga ingin membagikan sedikit pengetahuan saya kepada kalian dan tinggal kalian amati, tiru, dan modifikasi, yang paling penting dalam membuat kalkulator mengggunakan javascript ini adalah

  1. Editor
  2. Browser

EDITOR

yang paling penting dalam membuat kalkulator ini adalah editor yang sudah terinstall di laptop anda, contoh editor

Yang umum dan sering  digunakan adalah seperti editor diatas sublime text, dreamweaver dan notepad++. tapi kali ini saya akan menggunakan sublime text, kenapa saya menggunakan sublime text karna menurut saya sangat membuantu penulisan lebih cepat dan mudah.

BROWSER

ini tidak kalah penting dalam membuat kalkulator menggunakan javascript yaitu browser karna browser ini untuk menampilkan hasil dari kodingan atau dari isi didalam editor, contoh browser

Diatas adalah contoh gambar browser pasti kalian juga sudah tau dan sudah umum dikalangan masyarakat. explore, mozila, chrom, safari dan opera tapi saya menggunakan chrom kenapa saya menggunakan chrom ga kenapa- kenapa sih hehe semua browser sama saja fungsinya untuk  menampilkan.

Dan bila semua sudah terinstall ini adalah kodingan yang sudah saya buat dan tinggal kalian copy untuk kebutuhan anda masing-masing

<html>
<title> Tugas Pembuatan Project </title>

<head>

<SCRIPT LANGUAGE=”JavaScript”>
function tambah()
{
a=eval(form.a.value)
b=eval(form.b.value)
c=a+b
form.hasil.value = c
}
function kurang()
{
a=eval(form.a.value)
b=eval(form.b.value)
c=a-b
form.hasil.value=c
}
function kali()
{
a=eval(form.a.value)
b=eval(form.b.value)
c=a*b
form.hasil.value=c
}
function bagi()
{
a=eval(form.a.value)
b=eval(form.b.value)
c=a/b
form.hasil.value = c
}
function pangkat()
{
a=eval(form.a.value)
b=eval(form.b.value)
c=Math.pow(a, b)
form.hasil.value = c
}
function kosong()
{
form.a.focus()
form.a.value=””
form.b.value=””
form.hasil.value=””
}

</SCRIPT>
</head>
<body onload=kosong() background-color=”blue”>
<CENTER>
<font size=”6″>Tugas Pembuatan Project </font>
<div class=”container”>
<div class=”panel panel-default”>
<div class=”panel-heading”>Simple Calculator</div>
<div class=”panel-body”>
<FORM name=”form”>

<div class=”form-inline” role=”form”>
<label for=”angka1″>Angka 1 </label>
<input type=”text” name=”a” class=”form-control”></br>

</div>
<div class=”form-inline” role=”form”>
<label for=”angka1″>Angka 2 </label>
<input type=”text” name=”b” class=”form-control”></br>

</div><br>
<div class=”form-inline” role=”form”>
Hasil <input type “text” name=”hasil” disabled=”true” class=”form-control”></br></br>
</div>

<input type=”button” class=”btn btn-info” value=” + ” onClick=”tambah()”>
<input type=”button” class=”btn btn-info” value=” – ” onClick=”kurang()”>
<input type=”button” class=”btn btn-info” value=” x ” onClick=”kali()”>
<input type=”button” class=”btn btn-info” value=” / ” onClick=”bagi()”>
<input type=”button” class=”btn btn-info” value=” ^ ” onClick=”pangkat()”>
<input type=”button” class=”btn btn-danger” value=” Hapus ” onClick=”kosong()”>

<br>

</FORM>
</div>
</div>
</div>

</CENTER>
<pre>
<p align=”center”>Creat By Dian Triyanjaya</p>
</pre>

</body>
</html>

Maka hasilnya akan seperti ini

tamiplan ini masih biasa dan bila anda ingin memperindah tinggal tambahakan script css ini

<link rel=”stylesheet” href=”http://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/3.3.4/css/bootstrap.min.css”>
<script src=”https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.11.1/jquery.min.js”></script>
<script src=”http://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/3.3.4/js/bootstrap.min.js”></script>

Sebelum mengguakan scrpit css

dan tingggal anda tambahkan script css yang sudah saya berikan tadi seperti dibawah ini

maka hasilnya akan seperti ini

taraaaa….

selesai kini anda sudah bisa mengoperasikannya selamat mencoba dan terimakasih sudah melihat artikel saya..

 

 

 

 

QUIZ Pengolahan Data_SIM_Dian Triyanjaya

Quiz Part 1

Proses pengelolaan data dapat melibatkan secara keseluruhan atau sebagian dari unsure-unsur pengelolaan data berikut:

  • Pengumpulan Data (Data Capturing) Pengelolaan data merupakan aktifitas penangkapan data dari dalam dokumen dasar. Dokumen ini merupakan lembaran isian data yang diisi oleh petugas atau orang lain secara langsung. Tentang dokumen diisi dan dirancang dengan jelas, mudah diisi dan dapat meminimalisir kesalahan data.
  • Pembacaan (Reading) Pembacaan data adalah proses pembacaan data dari dokumen dasar yang digunakakn agar dapat diproses lebih lanjut. Proses pembacaannya dapat dilakukakn secara manual atau dengan menggunakan alat bantu berupa mesin.
  • Pemeriksaan (Verifying) Pemeriksaan perlu dilakukan hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan dari data yang di baca dari dokumen dasar.
  • Perekaman (Recording) Perekaman data merupakan proses penyimpanan data yang di bacakan dan diferifikasikan kedalam alat penyimpanan berupa memori penyimpanan. Dalam system computer dapat di simpan data dimemori sekunder berupa disk, hard-disk dan lainnya.
  • Penggolongan (Classifying) Penggolongan informasi perlu dilakukan untuk memenuhi kebuthan informasi berdasarkan klasifikasi tertentu.
  • Pengurutan (sorting) Sorting selalu digunakan dalam pengelolaan data. Data-data itu perlu diurutkan agar informasi yang di hasilkan dapat dipahami, memudahkan pembaca dan pencarian informasi yang disajikan.
  • Peringkasan (Sumarizing) Peringkasan data dimaksut sebagai operasi untuk menghilangkan kemunculan data yang sama atau berulang dari sekumpulan rincian data sebagi basis data yang tersimpan dalam memory.
  • Pehitungan (Calculating) Perhitungan merupakan proses pengolahan data yang melibatkan seluruh operasi aritmatika.
  • Perbandingan (Comparing) Data-data dalam basis sumber data-data yang ada perlu dibandingakan dengan data-data yang lain untuk mengetahui posisi dan kondisi data dalam kesimpulan data yang direkam.
  • Pemindahan (Transmitting) Dalam suatu system jaringan computer perlu ada pengiriman data dari satu terminal ke terminal lain melalui media tranmisi data intuk diproses lebih lanjut.
  • Penampilan Kembali (Retrieving) Pada prinsipnya informasi yang ada merupan penampilan hasil kembali dari data-data yang telah disimpan disuatu tempat penyimpanan sebelumnya, dan untuk menapilan kembali diusahakan data-data itu dapat ditampilkan dengan cepat.
  • Penggandaan (Reproductiont) Penyajian informaasi, khususnya dalam bentuk hardcopy perlu dikendalikan agar informasi tersebut dapat dikirim ke seluruh pemakai, dengan tujuan agar infomasi itu tidak hilang.
  • Penyebarluasan (Distribution) Distribusi informasi dapat dilakukan melalui media komunikasi data atau dikirim dalam bentuk hardcopy kepada setiap pemakai dalam setiap daftar tebusan laporan.

 

 

Quiz Part 2

BENTUK PENGOLAHAN DATA DALAM STRUKTUR ORGANISASI

  • Sentralisasi Operasi ‚Äď operasi pengolahan data dilaksanakan oleh suatu bagian yang terpisah dalam struktur organisasi yang sering disebut bagian pengolahan data elektronik (Electronic Data Processing / EDP).
    Bentuk pengolahan data tersentralisasi dalam struktur organisasi mempunyai faktor pendukung:
    a) penghematan khusus dalam hardware dan pengadaan personalia
    b) penghematan karena meniadakan pengembangan sistem yang ganda
    c) manfaat karena standarisasi
    d) manfaat karena sistem yang seragam.
  • Desentralisasi Kegiatan pengolahan data dilakukan dalam bidang ‚Äď bidang organisasi fungsional otonomi atau yang merupakan sub organisasi. Contoh: akuntansi, keuangan, personalia, riset dan pengembangan, dll.
    Faktor yang mendukung desentralisasi pengolahan data dalam strutur organisasi:
    a) pelayanan yang makin baik karena kepekaan terhadap kondisi lokasi
    b) kebijakan desentralisasi dalam manajemen
    c) kelangkaan kesamaan diantara fungsi unit ‚Äď unit organisasi yang mempersulit adanya standarisasi sistem.
  • Terdistribusi Data yang diolah disebar ke bagian ‚Äď bagian, namun bagian ‚Äď bagian tersebut disatukan kembali secara logika dan diwasi oleh bagian yang mempunyai peringkat lebih tinggi sehingga membentuk suatu kesatuan.
    Keuntungan pengolahan data terdistribusi:
    a) dapat meminimkan biaya
    b) mempersingkat waktu respon untuk memperoleh data
    c) pengontrolan pada data ‚Äď data kritis secara normal
    d) kemanan backup yang efektif.